ERWIN GUTAWA & ANDMESH - JANGAN SEMUDAH INI

22 February 2022

Apa yang akan terjadi bila maestro musk Indonesia berkolaborasi dengan sang penyanyi pencetak hits?

Ya! Pasti akan menghasilkan karya yang luar biasa yang akan membuat semua orang menyukainya. Inilah yang terjadi antara Erwin Gutawa dan Andmesh Kamaleng. Dua orang yang tidak di ragukan lagi kemampuan nya utk menghasilkan karya terbaik. Kolaborasi dari keduanya berjudul Jangan Semudah Ini, yang merupakan ciptaan dari Erwin Gutawa dan pernah dibawakan Atiek CB (1990) dan Ruth Sahanaya (1996), sekarang dibawakan oleh Andmesh dengan aransemen yang lebih modern dan berbeda.

Sesuai dengan judulnya, Jangan Semudah Ini menceritakan tentang ketidak relaan seseorang dalam melepaskan pasangan yang dicintai nya. Hal ini dapat bermakna kehilangan karena putus cinta ataupun kehilangan karena kematian yang memisah-kan. Dari segi musik dan aransemen, bila di dengar pada intro lagu sangat khas Erwin Gutawa yaitu orkestra. Hal ini membuat Jangan Semudah In terasa menyentuh, indah, dan megah.

Mengenai proses pembuatan nya sendiri Andmesh mengatakan tidak ada kesulitan yang berarti, namun tetap membuat dirinya khawatir karena harus bisa membawakan lagu dengan baik apalagi ini merupakan karya seorang maestro Indonesia. "Sebenernya Ame ga ada kesulitan yang gimana gimana sih, tapi bikin Ame deg degan, khawatir. Bisa ngga yah Ame bawain lagu ini dengan baik, gitu kan. Apalagi ini karya seorang Erwin Gutawa. Tapi Ame sangat senang sekali sih, excited!" ujarya.

Sedangkan Erwin Gutawa mengungkapkan bahwa dirinya ternyata sudah memantau Andmesh sejak awal dan bahkan sempat berkolaborasi di panggung musik juga pertunjukan virtual. "Andmesh sangat musikal', punya timbre suara yang indah, bisa lembut tapi juga bisa sangat power & megah, dengan penghayatannya luar biasa. Jadi ketika saya ingin menggarap kembali lagu "Jangan Semudah ini", sebuah lagu melankolik tetapi tidak cengeng dan ada beberapa bagian yang harus "'megah', dan dari
awal saya membayangkan harus Andmesh yang membawakannya. Terima kasih Andmesh, sudah mau bekerja sama dengan saya", tutur Erwin Gutawa.

Erwin Gutawa dan Andmesh juga berharap semoga kolaborasi in dapat diterima dan menyentuh hati masyarakat, dan semoga dengan ada nya single ini, akan semakin dapat mengukuhkan image Andmesh sebagai salah satu penyanyi pop pria terbaik Indonesia.

Oh iya, ada sedikit kejutan di bagian akhir lagu ini dan membuat lagu ini menjadi semakin candu untuk di dengarkan. "Ada kejutan dikit, dan in sih yang paling bikin menarik sebenernya menurut ame, tapi Ame ga mau kasih tau apa, teman teman harus dengarkan sendiri. Dijamin pasti teman-teman suka!" tutup Ame.

Sudah siap untuk mendengarkan hasil karya kolaborasi paling ditunggu ini? Jangan Semudah In sudah dapat di dengarkan di semua streaming platform favoritmu!